Wednesday, December 14, 2016

Persiapanku Sebelum Praktek Kerja


Bagi siswa/siswi SMK Komputer Mutiara Ilmu di waktu PKL inilah yang dapat membandingkan semua yang dipelajari selama dikelas dengan keaadan sebenarnya. Mungkin akan terjadi ketidaksesuaian antara teori dan praktek nantinya. Dan bagaimana persiapan saya nanti?

  1. Pembekalan
    Yang pertama adalah pembekalan kenapa pembekalan kita harus mencari informasi lebih luas lagi, saya harus mempelajari kembali yang berkaitan dengan perusahaan di tempat PKL nanti. Kita harus menguasai dasar materi jurusan, seperti saya! saya anak jurusan RPL berarti harus menguasai yang berkaitan dengan komputer seperti install-uninstall program dan masih banyak lagi.
  2. Mental
    Mempunyai prinsip bahwa tempat PKL adalah praktek bukan belajar seperti di dalam kelas. PKL bukan untuk jalan-jalan terutama saat kita PKL di kota, bukan berarti jalan-jalan itu tidak boleh, yang paling penting mau PKL karena mau belajar, kalau selama PKL kita banyak bingung berarti kita kurang belajar atau pembibing yang kurang up date untuk kasih materinya. Semua itu bisa diatasi jika kita mempersiapkan mental untuk PKL.

    Anggap saja PKL adalah bermain dan belajar, anggap saja kita berangkat untuk PKL seperti kita berangkat bermain, biar kita PKL itu tidak terasa berat. Menurut saya kalau kita capek kita bisa istirahat, kalau kita tidak tau kita bisa bertanya.
  3. Buat strategi
    Saya harus membuat strategi, strategi untuk pembagian waktuku dan penyusunan schedule, apa yang harus saya buat di minggu pertama kita harus menyusunnya, begitu juga untuk minggu ke tiga dan seterusnya. Dan paling penting jangan pernah terlambat atau lupa akan membuat laporan akhir, sepintar anda membagi waktu semakin cepat laporan akhirmu akan selesai.

Itulah beberapa hal yang saya harus persiapkan sebelum PKL, semoga bermanfaat bagi anda semua, apabila mungkin ada sedikit tambahan ataukah saran silahkan melalui komentar

No comments:

Popular Posts