Friday, December 22, 2017

Menjaga Diri Di Musim Hujan

Dimusim hujan ini, pastinya daya tahan tubuh kita akan berkurang. Akibat dari berkurangnya daya tahan tubuh membuat banyaknya seseorang mengeluh sakit saat datangnya musim hujan, sakit diantaranya masuk angin, perut kembung, sakit kepala, flu dan batuk.


Oleh karena itu untuk melawan sakit di saat musim hujan yang bisa mengancam kesehatan kita, maka sebaiknya mengikuti tips menjaga diri tetap sehat di musim hujan.

1. Jauhi Sumber Penyakit
saat musim hujan nyamuk mudah berkembang biak karena banyaknya air hujan yang menggenang dimana mana, maka hindarilah genangan air. Dan Jaga pakaian tetap kering dan bersih untuk menghindari penyakit kulit.

2. Perbanyak Minum Air
Jangan sangka ketika musim hujan kita tidak dapat dehidrasi karena menganggap biasanya dimusim hujan rasa haus berkurang, jika seperti itu kita dapat mengalami dehidrasi yang sangat cepat bukannya tidak dapat dehidrasi. Maka dari itu perbanyaklah mengonsumsi cairan sebanyak minumal 2 liter/hari.

3. Segera Mandi Bila Kehujanan.
Apabila kita habis kehujanan diluar karena naik kendaraan ataupun berjalan walaupun memakai alat yang melindungi anda dari hujan, saat anda sampai rumah segeralah mandi menggunakan air yang bersih, karena belum tentu air hujan diluar itu bersih karena dapat mengandung partikel partikel polusi.

4. Istirahat Yang Cukup dan Berolahraga
Tidur dengan teratur dan gunakan waktu kosongmu untuk istirahat, jika hujan membuat rutinitas berolahraga kita terganggu, tidak perlu kawatir anda bisa berolah raga dirumah seperti push up, sit up, ataupun merenggangkan otot otot anda.

5. Jangan Begadang
Tidur teratur dan tetap waktu adalah salah satu kunci ketahanan daya tahan tubuh anda, karena tidur dapat mengembalikan stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh, jadi tidurlah tetap waktu di malam hari.

Itulah lima tips menjaga diri tetap sehat di musim hujan, jangan sampai kita terlambat, karena pepatah mengatakan menjaga lebih baik daripada mengobati.

No comments:

Popular Posts