Thursday, February 28, 2019

Apakah Kita Membuat Kesalahan Ini Dalam Bercakap?

Bisakah kita ini meningkatkan keterampilan bercakap? Pasti. Mungkin perlu beberapa saat untuk mengubah diri kita untuk menjadi kebiasaan bercakap ini mendarah daging sepanjang hidup.

Untuk itu mari kita langsung ke beberapa kesalahan umum kita saat bercakap dan beberapa solusinya.

1. Tidak mendengarkan percakapan orang
Mungkin kita suka mendengar. Banyak belajar mulai dari mendengarkan, tetapi banyak diantaran kita juga tidak pernah mendengarkan. Jangan kita menjadi kebanyakan orang. Tahan ego kita, berhenti menjadi malas dalam percakapan dan belajar benar benar mendengarkan apa yg dikatakan orang, ini dapat meningkatkan kemampuanmu untuk bercakap.

2. Terlalu banyak bertanya
Banyak diantara kita bercakap mengajukan terlalu banyak pertanyaan, jangan buat diri kita ini seperti menginterogasi seseorang. Alternatifnya adalah mencampur sebuah pertanyaan dengan pertanyaan yg baru untuk bisa melanjutkan percakapan kita. Buat percakapan kita bisa mengalir dan mendiskusikan apa yang saat itu terjadi.

3. Mengheningkan suasana
Ketika kita berbicara dengan seseorang yang baru di temui dan topik kita sudah habis dan mengheningkan suasana itu sering muncul pada saat kita berbicara sama seseorang, mungkin kita gugup dengan orang baru atau khawatir tidak tahu persis mengapa. Jangan jadi orang banyak tahu tapi hobi tinggalkan percakapan seseorang, mulailah berbicara ddengan topok tentang berita terkini. Ingat selalu dengan senyum, bersikap ramah dan santai, jangan agresif bayangkan sendiri anda jika bertemu seseorang baru agar dapat mendapatkan suasana yang enak saat berbicara.

4. Balasan yang buruk
Salah satu hal yang terpenting dalam percakapan bukanlah apa yang anda katakan, tetapi bagaimana anda mengatakan sebuah balasan. Perubahan dalam kebiasaan ini dapat bisa membuat perbedaan yang sangat besar karena suara dan bahasa tubuh anda adalah bagian penting dari komunikasi. Perubahan yang sangat jelas seperti bicara yang lambat kemudian menjadi cepat membuat anda memberikan balasan yang buruk.

5. Selalu menjadi orang yang benar
Hindari bedebat ketika membahas sebuah topik. Diantara kita seringkali menganggap percakapan sebagai diskusi. Ini lebih merupakan cara untuk menjaga suasana ketika bercakap. Jangan berharap anda punya kesan ketika anda benar. Tampil dengan hanya duduk, rileks, dan jaga perasaan teman bercakapmu dengan baik.

Mungkin beberapa solusi bercakap yang bisa saya sampaikan. Anda jangan merasa bingung dan kewalahan dan mulai meragukan diri anda sendiri. Perhatikan perbedaan dan teruslah melakukan. Semoga jadi kebiasaan baru anda muncul secara spontan ketika anda sedang mengobrol. Adapun pertanyaan bisa kirimkan kami di kolom komentar.

No comments:

Popular Posts