Sunday, February 04, 2018

Mengenal Peta Minda

Sudah tahukah anda tentang peta minda. Banyak dari kita sekarang malas dengan membaca peta minda ini bisa menjadi solusinya karena Peta minda atau biasa disebut mind mapping adalah suatu proses memvisualkan ide, pikiran, rencana, kedalam bentuk diagram yang saling berhubungan satu sama lain yang membantu kita untuk memahami suatu hal yang kompleks hanya dengan satu gambar.

Menurut sejarahnya metode ini dikembangkan oleh ahli pengembangan potensi manusia dari inggris bernama Tony Busan pada tahun 1974. Peta minda suatu skema atau ringkasan dari hasil belajar yang dimana bisa menjadi solusi bagi orang orang yang malas membaca karena hanya dengan skema ringkasan hasil belajar kita bisa dengan mudah menjelaskan kembali hasil belajar tanpa perlu membaca terlalu panjang. Contoh peta minda :


Contoh diatas adalah sebuah peta minda makhluk hidup dengan begitu kita tidak perlu membaca begitu panjang hanya dengan satu gambar diatas kita bisa menjelaskan banyak tentang makhluk hidup.

Kelebihan peta minda daripada catatan teks
1. Peta minda adalah alat grafis yang bisa menggabungkan kata, gambar, angka, warna, sehingga bisa lebih berkesan menyenangkan untuk dibuat.
2. Peta minda membantu menghasilkan lebih banyak gagasan, menemukan makna yang lebih subjek dibanding tulisan yang bersifat statis.
3. Peta minda dapat sekaligus memberi gambaran umum tentang subjek yang besar sambil juga menyimpan sejumlah besar informasi.
4. Peta minda saat intuitif untuk mengatur pemikiran anda karena peta pikiran miniru otak kita berpikir.
5. Anda bisa menghasilkan ide dengan sangat cepat karena didorong untuk mengekplorasi jalur kreatif yang berbeda.

yang dimana berfungsi sangat penting sebagai alat untuk mempelajari cara belajar, mengungkapkan konsepsi yang salah, dan sebagai alat untuk evaluasi diri. Kenapa penting karena bisa menghemat waktu belajar dan mengulang dan dapat memperkuat ingatan

Meskipun demikian, sebenarnya banyak sekali penerapan praktis metode pemetaan pikiran misalnya untuk mengatasi kelemahan karena kurang suka membaca dan salah satunya adalah dengan membuat peta minda dari pikiran sendiri.
Post a Comment