Thursday, September 29, 2016

Membangun Indonesia Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi saya adalah sebuah mata pelajaran yang saya kenal ketika masih duduk di bangku SMP. Sampai saat ini kita ketahui TIK merosot kedalam pendidikan di Indonesia, sehingga besarnya potensi potensi warga Indonesia untuk kemajuan Pendidikan di negaranya sendiri yaitu Indonesia.


Seperti yang kita tahu, beberapa anak anak sudah banyak mengenal tentang dunia teknologi, tapi sangat disayangkan sekali dari beberapa anak di Indonesia menyalah gunakan dunia teknologi, seharusnya merekalah yang akan menjadi pemimpin di Indonesia. Sehingga anak-anak generasi muda tersebut harus mengenal betapa besar manfaat-manfaat TIK bagi dirinya serta negaranya. Kelak suatu saat mereka mereka menjadi pemimpin dengan memanfaat TIK mereka dapat membangun Negara kita Indonesia ini agar lebih baik lagi, serta mengetahui manfaat-manfaat TIK dari sekarang.

Sudah banyak manfaat-manfaat TIK yang harus kita pahami terlebih khusus di bidang pendidikan, bidang ekonomi dan dibidang sosial budaya.

1. Bidang Pendidikan
  • Peran siswa
Siswa dapat banyak belajar untuk pembelajaran di sekolah karena adanya Ebook, selain itu siswa dapat membuat forum diskusi secara online bersama guru mereka karena adanya Social Media.
  • Peran guru
Guru bisa lebih terampil membahan bahan ajar melalui presentase karena adanya Proyektor dan memanfaatkan konten digital untuk membangun semangat balajar siswa yang di dapat karena adanya Internet, guru juga dapat memanfaatkan social media ataupun situs diskusi sebagai tempat diskusi kepada siswa dan guru guru lainnya.
  • Peran pemerintah
Pemerintah bisa melakukan kegiatan kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan TIK, pemerintah juga dapat menyampaikan informasi dunia pendidikan lebih dekat lagi serta memblokir situs situs berbahaya agar tidak bisa di akses oleh siswa
Apabila semua peran ini bisa jalan dengan baik dan di kembangkan lebih baik lagi semua generaasi-generasi muda Indonesia bisa lebih unggul, apabila itu terjadi maka Indonesia akan dipandang baik oleh negara lain tentang pendidikan yang ada di Indonesia.

2. Bidang Ekonomi
Sekarang ini hampir semua orang menjual membeli dilakukan dengan cara face to face, sekarang kita bisa menjual membeli secara online melalui internet karena adanya Situs Online Shop ketimbang harus ke pasar atau ke toko demi membeli barang yang kita butuhkan. Siapapun bisa memanfaatkan internet mulai dari menghasilkan uang, menjual sebuah produk. Sekarang kita nyaman sekali bayar online melalui Sms banking, pesan makanan telpon, pesan ojek tinggal tekan ini tekan itu.
Apabila kita bisa kembangkan untuk lebih baik lagi, kita bisa memperoleh nilai ekonomi kita sendiri

3. Bidang Sosial Budaya
Tak hanya melalui bidang pendidikan maupun ekonomi kita bisa terapkan TIK di bidang sosial dan budaya. Kita ingin ke suatu tempat kita bisa cari sumber informasi melalui internet, mau tau lebih lagi kita bisa mencari tahu dengan gambar atau dengan cara melestarikan budaya kita sendiri kita bisa menyebarkan kelestarian budaya melalui konten digital yang di upload di youtube atau gambar yang di upload ke sosial media dengan itu semua kita bisa berinteraksi dengan siapapun dimanapun saling berbagi pengetahuan
Kita harapkan sekali budaya dan interaksi sosial di indonesia tetap di jaga dikenal oleh masyarakat internasional 

Demikian tentang Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi, Semoga bermanfaat

Adakah rasa ingin tahu kita tentang bagaimana cara untuk membuat sebuah Sosial Media, Forum Diskusi, Online Shop dll. Itu semua dibuat oleh tangan Manusia. Orang lain bisa masa kita tidak bisa, mari bangun semangat itu untuk Indonesia lebih baik
#KitaIndonesia

No comments:

Popular Posts