Wednesday, February 10, 2016

Remaja di daerahku

Siapa yang tidak tahu Sulawesi atau Makassar atau Pantai Losari. Pulau ini adalah pulau dengan keunikan bahasa daerahnya dan makanan khasnya salah satunya Coto Makassar atau Palubasanya, Jadi lapar dehh sebut sebut makanan hehehe.


Saya Imam Safari Ramadhan lahir di Makassar 19 Desember 1999, saya lahir dan besar di daerah Daya. Tapi kamu tahu, bemana gaya atau kebiasaan orang di daerah saya yang berada di Daya Kec. Biringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan.

1. Di daerahku terkenal bahasa Gaulnya
Sangat khusus daerahku pasti tidak asing dengan salah satu kata seperti OPALE. Entah siapa yang menciptakan kata tersebut padahal sehari sehari mungkin kita biasa mendengarnya. Kata opale ini di kalangan anak remaja di daerahku diartikan sebagai Begitu atau Terserah. Yang merupakan akronim dari sebuah kata OH PALE yang dimana kata tersebut menunjukkan seseorang pasrah. Yang kedua yaitu SEKKE' kata ini mempunyai arti yang kikir, pelit, atau tak mau peduli. Kata ini sering dipergunakan untuk seseorang yang meminta namun ditolak. Sampai saat ini kata kedua ini begitu saat populer di daerahku.

2. Di daerahku banyak orang terkena Vitamin G
Mungkin vitamin G ini asing di telingan anda. Vitamin G ini merupakan pengucapan kata orang di daerahku yang kelebihan G karena logat atau kebiasaan yang dimana penambahan huruf "G" pada kata kata yang akhirannya "N" makan akan menjadi "NG" contohnya seperti "Pergi ko Makan(G)" itu adalah Okkotsnya makassar atau biasa juga di bilang Vitamin G. Jika kalian penasaran silahkan dengar band asal Makassar yang sangat populer di tahun 2005 Art2Tonic dengan judul Okkots.

3. Di daerahku Anak perantau dari kota lain jadi bahan tertawaan.
Mungkin seperti ini reaksi para Pemuda perantau yang datang kemudian bergaul sama anak muda di daerahku. Begitulah Indonesia yang mempunya adat suku dan budaya yang berbeda beda di suatu daerah. Buat orang perantau Jawa di daerahku kamu bakal dikira ketika orang tahu kamu orang Jawa, mereka mengira kamu anak penjual atau apalah semacamnya. Tapi saran buat orang Jawa yang merantau di Daerahku di makassar ini, Tegarlah saudara, pikirlah bahwa semua orang itu baik.

4. Kamu bakal di jumpai banyak Tukang Ojek.
Tukang ojek di daerahku sangat banyak. Sangat banyak orang yang mencari nafkah buat keluarganya dengan Ojek. Tapi di daerahku Ojek bisa membuat orang jengkel tapi tidak semua tukang ojek mempunyai sifat seperti itu. Kamu bakal di jumpai kalau keadaanmu begitu rapi namun sebenarnya kamu tidak mau menaiki transportasi itu, Tukang ojek di daerahku adalah raja jalanan dimana Pengojek pengojek itu mengendarai motornya tapi peduli Lalu Lintas. Tapi seperti yang saya bilang tadi tidak semua tukang ojek seperti itu.

5. Keseruan saat menaiki Pete-Pete
Sebagai transportasi massa, Pete-pete merupakan transportasi paling populer di daerahku. Pete-pete? Mungkin kedengaran begitu asing bagi sebagian orang yang betul betul belum pernah melihat dan merasakan secara langsung. Kalau orang yang tidak tahu sama sekali Pete-pete pastinya mengira sebuah makanan hijau itu yahh. Di sebut angkot berwarna biru di daerahku yang dimana Udah jelas penumpangnya penuh tetap seja di tambah, dimana orang bergelantungan di pintu mobil pete pete, Supir pete pete itu mirip Tukang Ojek dia sebagai Raja jalanan, Rajanya Jalur kiri jalanan. Jika menaiki pete pete kita bisa bilang "kiri". Tapi jarang kadang kehadiran Pete-pete bisa membuat kemacetan di daerahku kurang terutama di Makassar.

Seperti itulah model atau gaya anak remaja di daerahku. Mungkin masih banyak lagi kisa kisa seru di balik kelima yang saya sudah bilang tadi.

Jika postingan ini bermanfaat silahkan Share yahh
Post a Comment