Monday, February 15, 2016

Kuis Manajemen Waktu

Seperti judul yang saya tulis sebelumnya yaitu Perubahan yang mengajarkan betapa waktu itu adalah musuh kita yang selalu bikin kita suka malas malasan atau sebagainya.

Disini saya akan memperlihatkan bagaimana kuis manajemen waktu itu. Sebelum memulai melakukan menajemen waktu, ada baiknya anda melewati beberapa evaluasi terlebih dahulu apa yang telah anda lakukan selama ini dengan menjawab pertanyaan berikut ini:

Pertama
Sebutkan secara prioritas lima kegiatan/aktivitas apa yang paling banyak menyita waktu anda contohnya (Nonton TV, main game, sms-an, chattingan, jalan jalan, belajar, tidur bergaul, bantu orang tua atau apalah...??)

Kedua
Jawab pertanyaan-pertanyaan dibawah dengan jawaban ya atau tidak:
1. Apakah anda selama ini membagi waktu beberapa jam untuk bekerja dalam seminggu?
2. Apakah anda membuat daftar apa apa yang harus kerjakan?
3. Apakah anda selalu tepat waktu dalam mengerjakan yang telah kamu rencanakan?
4. Apakah anda menentukan target anda untuk setiap periode kerja anda?
5. Apakah anda memulai belajar dengan mengerjakan tugas yang begitu sulit terlebih dahulu?
6. Apakah anda telah menyelesaikan kerja anda selama jam produktif setiap harinya?

Kalau jawaban anda pada kuis di atas lebih banyak "TIDAK" dari pada "YA", Maka sudah saatnya anda melakukan menajemen waktu yang baru dan terbaik untuk realisasi untuk mencapai cita -cita anda.

Caranya... Buatlah atau susunan prioritas (utama) kegiatan yang akan dikerjakan atau ditargetkan untuk bekerja maupun belajar dengan mem minimalkan penggunaan waktu yang tidak begitu penting (Menonton, bermain, atau segalanya yang bersifat hiburan).

Usahakan untuk menghindari terjadinya gangguan pada saat anda bekerja. Sebagai contoh, jauhkan HP dari sisi anda untuk menghindari keinginan menelpon/sms-an juga aktif di sosial media. Anda juga harus menjauh dari TV agar anda tidak harus melihat acara TV yang menarik perhatian anda utamanya infotainment.

Jangan menunda nunda waktu yang ada sekarang, anda saat ini dikasih kesempatan untuk bekerja. Seringkali seseorang terjebak dengan pemborosan waktu karena ia menunda nunda untuk melakukan kegiatan yang harus segera dikerjakan dengan alasan "Nanti saja", "Sebentar lagi", "Besok saja" dan akhirnya tak dikerjakan.

Keep a smile on your face

Jika postingan ini bermanfaat silahkan share yahh
Post a Comment